Indra Putra Bungsu

Info, Pengetahuan, dan Hiburan.

Batu Bacan Pulau Kasiruta

Batu bacan sudah dikenal sejak tahun 1960an, secara historis batu bacan dihasilkan di sebuah pulau yang bernama Pulau Kasiruta. Sedangkan pemberian nama "Bacan" yang kini dikenal oleh masyarakat luas dikarenakan di Labuha, Pulau Bacan adalah lokasi pertama batu berwarna dominan hijau semburat biru diperdagangkan dan sebagai pusat pemerintahan.

Batu Bacan memiliki nama Chrysocolla Quartz atau Chrysocolla Chalcedony karena komposisi batu Bacan didominasi mineral Kuarsa atau Kalsedon dengan kontaminasi mineral Krisokola yang memberikan efek warna biru kehijauan. Chrysocolla  merupakan batuan kapur dengan tekstur yang lunak Namun menjadi keras saat bersenyawa dengan mineral Chalcedony dengan tingkat kekerasan 7 skala Mohs.

Chrysocolla berasal dari Bahasa Yunani, yaitu Chryso (emas) dan Colla (lem). Dinamakan Chrysocolla karena dulunya mineral ini banyak digunakan oleh tukang emas untuk bahan patri. Di Romawi perekat yang terbuat dari Chrysocolla disebut santerna yang digunakan untuk mengelas/menyambung/menempelkan keping keping emas. Istilah penyebutan Chrysocolla pertama digunakan oleh seorang filsuf sekaligus ahli botani Yunani yang bernama Theophratus pada tahun 315 sebelum masehi.

Batu Bacan sendiri memiliki unsur dominan Silika dan Tembaga. Hal inilah yang membuatnya dinamai Chrysocolla Quartz atau Chrysocolla Chalcedony. Batu CHRYSSOCOLA dapat mengalami proses metamorfosa yaitu berubah warna dan juga serat batunya, karena oksidasi pada perubahan temperatur suhu.

Bacan dikenal dengan istilah "batu hidup" yang artinya batu ini mampu berubah warna menjadi jauh lebih indah lagi menjadi super kristal. Kemampuan batu Bacan untuk berubah warna menjadi lebih cerah dalam ilmu gemologi karena disebabkan oleh kandungan Chrysocolla yang secara berangsur-angsur bergerak memisahkan diri dan keluar dari unsur Chalcedony melalui serat-seratnya. Pemisahan ini bahkan jauh lebih cepat apabila digunakan sebagai perhiasan sebab proses tersebut bisa dipengaruhi oleh suhu tubuh manusia yang cenderung hangat.

Bacan Doko
Bacan Doko memiliki warna yang lebih bervariasi dan beragam. Warna yang paling populer dan paling digemari adalah yang berwarna hijau cincau. Batu ini memiliki warna yang agak kehitaman dari luar namun akan berwarna hijau, biru laut, kuning, coklat teh atau warna kembang jika disinari dengan menggunakan lampu senter. Batu Bacan Doko juga ada yang berwarna hampir mirip dengan bacan Palamea yang berwarna bening, namun memang sangat jarang dan langka. Proses perubahan atau metamorfosis pada batu Bacan Doko lebih cepat jika dibandingkan dengan bacan Palamea.

Bacan Palamea
Bacan Palamea umumnya memiliki satu warna hijau muda cerah. Komposisi kandungan kapur (Chrysocolla) bacan Palamea lebih banyak dibandingkan dengan bacan Doko. Seiring dengan perubahannya, batu bacan Palamea akan menghasilkan warna hijau seperti giok dengan tekstur halus yang mengkristal (tembus jika disinari dengan lampu senter).

Bacan Obi
Bacan Obi tidak mengalami perubahan warna sampai kapanpun dan juga lebih keras dari bacan yang lainnya. Saat ini yang sedang ramai diperbincangkan adalah “King Obi” yang memiliki kombinasi warna yang berbeda dari satu bongkahan batu. Unsur pembentuknya sangat bergantung pada unsur mineral pembentuknya seperti warna kuning dari mineral citrine, merah dari mineral limonite, dan lain-lain. Semakin banyak mineral/unsur maka makin banyak warna yang terbentuk dalam satu bongkahan batu.
 
Yellow King, Red King, Orange King dan White King menjadi lebih mahal dari Bacan Palamea dan Doko untuk ukuran satu mata cincin. Nama “King Obi” khusus untuk permata  batu bacan warna merah, kuning, orange dan putih kekuning-kuningan. Selain memiliki tingkat kristal yang relatif tinggi, juga memiliki star.

1 Komentar untuk "Batu Bacan Pulau Kasiruta"

Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea


Daftar harga sebagai berikut;

-Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
-Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
-Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil


Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
HP 085256994981 dan 081998328166
PIN 578D97BE

- Berikan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentar dengan bijak dan sopan sesuai dengan konten.
- Dilarang meninggalkan link aktif.
- Dilarang Promosi disini.

 
Copyright © 2014 Indra Putra Bungsu - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info